UM Buton
Dialog Umum BNN kota Baubau dan PSW UM. Buton

Dialog Umum BNN kota Baubau dan PSW UM. Buton

30 Nov 2020 Administrator

Dalam kegiatan dialog dengan Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Baubau dan Sekretaris Pusat Studi Wanita Universitas Muhammadiyah Buton di Baubau pada senin 30 November 2020, Kepala BNN, Ibrahim menekankan pentingnya ketahanan keluarga yang diukur dengan keberfungsian keluarga dalam memberikan pengasuhan kepada anggota keluarga. Keluarga merupakan lembaga utama dan pertama yang berperan penting menghasilkan sumber daya manusia berkualitas sehingga keluarga perlu memiliki kekuatan dan ketahanan agar dapat mengatasi segala persoalan yang datang, baik dari dalam maupun dari luar keluarga. Saat ini banyak masalah sosial yang terjadi berawal dari kegagalan atau ketidakberfungsian keluarga sehingga menimbulkan berbagai implikasi sosial, ekonomi, kesehatan seperti kecanduan benda-benda terlarang seperti narkotika dsb. “Pola asuh yang tepat sangat diperlukan untuk mewujudkan ketahanan keluarga, dan hal ini harus melibatkan seluruh unsur masyarakat, tidak terkecuali insan perguruan tinggi,”.

Suryanti selaku sekretaris pusat studi wanita universitas muhammadiyah buton menyampaikan keseriusan dalam melibatkan institusi perguruan tinggi dengan isu mengenai keluarga, khususnya perempuan dan anak. Diantaranya, program ini merupakan program untuk mengantisipasi maraknya kekerasan dan tindakan diskriminatif terhadap perempuan dan anak dengan melibatkan mahasiswa. “Program ini dapat menjadi wujud realisasi mahasiswa terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat. Fungsi dan tanggung jawab sosial yang melekat pada mahasiswa dapat memberi penyadaran dan wawasan kepada masyarakat, sesuai dengan ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi sehingga dapat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi keluarga”.

Badan Narkotika Nasional dan Pusat Studi Wanita membawa isu kesetaraan gender dalam ranah akademik. Untuk itu, ia menghimbau untuk mengambil langkah konkrit dengan merumuskan kebijakan gender dalam pendidikan nasional Demikian pula Pusat Studi Wanita penting terlibat dalam pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, diantaranya melalui kajian-kajian yang rekomendasinya dapat menjadi bahan penyusunan kebijakan pembangunan. Dalam rangka akselerasi tujuan pembangunan nasional, termasuk di dalamnya pembangunan bidang pendidikan, menuju kesetaraan dan keadilan gender dalam seluruh aspek kehidupan, baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pendidikan yang berwawasan gender menjadi pilihan yang strategis.